What's new

Welcome to Staton Institute

Join us now to get access to all our features. Once registered and logged in, you will be able to create topics, post replies to existing threads, give reputation to your fellow members, get your own private messenger, and so, so much more. It's also quick and totally free, so what are you waiting for?

Sektor Saham Yang Aman Untuk Pemula


Staton

Staton

Administrator
Staff member
Joined
Oct 22, 2021
Messages
20
Reaction score
0
Points
0
Website
statoninstitute.com
Saat ini ada 700 lebih perusahaan yang ada di Bursa Efek Indonesia yang bisa kita beli, dari yang seperti jualan makanan dan minuman sampai perusahaan yang bikin jalan tol yang menyediakan jasa perbankan pertambangan batubara atau tambang tambang lainnya dan lain-lain lalu boleh aja untuk mempelajari ke-100 perusahaan ini satu demi satu mereka jualan apaan untungnya dari mana pembelinya siapa dan seterusnya dan seterusnya Tapi tentu mempelajari semua itu akan memakan waktu yang lama banget proses belajarnya akan jauh lebih singkat kalau kita kelompokkan ke 700 perusahaan itu menjadi beberapa bagian doang misalnya yang jualan makanan dan minuman kita kelompok menjadi satu yang menyediakan jasa bang-bangan kita kelompoknya jadi



Terus yang menyediakan jasa transportasi kayak Blue Bird dan garuda. Misalnya yang saat ini terancam bangkrut kita kelompokkan menjadi 1 dan seterusnya dan seterusnya sebenarnya dari Bursa Efek Indonesia udah ada nih yang mengelompokkan ke 700 perusahaan ini menjadi hanya 11 bagian atau bisa dibilang sebelas sektor yang berbeda sektor-sektor ini dibedakan berdasarkan jenis produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut seperti yang tadi udah kita Coba lakukan dari sektor transportasi berarti saya kemarin itu berisi perusahaan-perusahaan yang nyediain jasa transportasi kaya Blue Bird dan garuda. Tadi ada juga sektor konsumen yang dibagi menjadi dua yaitu sektor konsumen primer dan non primer. Nanti gua kan jelasin bedanya kayak gimana ada juga sektor keuangan terus sektor barang baku atau bisa disebut

Lalu sektor energi kesehatan Perindustrian infrastruktur properti dan yang terakhir ada sektor teknologi sebelum membedah satu demi satu dari ke-7 ratus perusahaan ini alangkah lebih baiknya kalau lu membedah lingkup besarnya dulu ya itu sektornya dulu kenapa begitu karena Tentu aja sektor transportasi yang jualan jasa transport akan sangat berbeda dengan sektor konsumen yang nggak oke nggak pake lama kita lanjut dulu ya kali ini kita akan bedah satu sektor-sektor yang satu ini adalah sektor yang paling pertama gua mengerti karena kegiatan usahanya gampang banget terus produk-produknya juga dekat dengan kehidupan gua sehari-hari jadinya nggak bisa bayangin dengan mudah di otak gua dan Gua yakin lu juga bisa memahami sektor ini dengan baik.

Yang akan kita bahas kali ini adalah sektor konsumen primer Elu pasti familiar kan dengan logo-logo perusahaan ini mereka ini dikelompokkan kedalam satu sektor yang sama yaitu sektor konsumen primer ya sebenarnya ada sih perusahan-perusahan lain di sektor ini tapi gua ambil aja beberapa yang sekiranya Lu pernah liat aja biar gua gampang jelasin ke depannya tadi kan gue sempet ngebut ya bahwa sektor konsumen ini dipecah menjadi 2 ada yang konsumen primer dan konsumen primer Bedanya apa sih? Kenapa harus dipecah Jadi dua sektor yang berbeda gua kan jelasin yang konsumen primer dulu jadi saya konsumen adalah sektor yang mana perusahaan-perusahaan di dalamnya itu menjual produk atau jasa kepada konsumen yang sifatnya anti siklis alias enggak ada siklusnya.

Siklus Apakah itu siklus ekonomi jadi mau ekonomi Indonesia lagi baik ataupun buruk biasanya perusahaan-perusahaan ini di dalam ini tuh nggak terganggu kinerja nya Contohnya kayak waktu awal sampai kira-kira setahun setelah panen kopi terjadi di saat perusahaan lain misalnya perusahaan kayak produsen mobil transportasi atau jasa pariwisata itu kinerja nya terganggu perusahaan di sektor konsumen primer ini biasanya nggak kenapa-napa kenapa bisa nggak apa-apa Karena barang-barang yang dijual oleh perusahaan ini adalah barang kebutuhan dasar umat manusia kayak susu deodorant roti tawar mie instan dan sebagainya. Jadi sedikit paham ya sekitar konsumen primer Ini kata kuncinya ada di perusahaan yang mana produk atau jasanya memiliki sifat anti?



Kalau non primer berarti dia si Kris alias ada Ketergantungan dengan siklus ekonomi kita sama-sama barang konsumsi juga cuman kalau siklus ekonomi lagi jelek kan orang jadi nggak beli mobil dulu nih ya kan tapi masih beli mie instan nggak misalnya kalau di aplikasi ajaib ada nih di Tab cari yang ini di bagian paling bawah kita bisa lihat ada sektor saham yang jumlahnya ada 11 sesuai dengan yang jadi kita udah sama-sama tahu di pojok kanan atas ada tulisan primer dan di bawahnya ada tulisan 89 saham artinya saat ini di Bursa Efek adalah 49 perusahaan yang digolongkan sebagai perusahaan di sektor konsumen primer

Kalau kita klik akan muncul deh, Please 89 sahamnya Oke lanjut dulu ya, sekarang udah tahu nih, maksud dan ruang lingkup dari sektor konsumen sekarang kita bedah lebih dalam lagi kita akan coba bahas beberapa perusahaan yang termasuk ke dalam sektor ini yang pertama Unilever gue sering banget pakai contoh Unilever karena bisnisnya sangat mudah dipahami dan kebetulan dia termasuk di dalam sektor konsumen primer akan produknya Emang ada banyak banget ya dari Pepsodent Daf Switzal Wipol sampai kecap Bango Buavita es krim Magnum dan lain-lain sebenarnya jenis produknya itu cuman digolongkan Jadi dua segmen aja ya itu Yang pertama segmen home and Personal care alias bahasa Indonesianya adalah

Kebutuhan rumah tangga dan perawatan tubuh terus segmen satu lagi adalah makanan dan minuman alias mereka menyebutnya adalah food and Replacement dari mana Gua tahu ini dari laporan keuangan perusahaan Unilever Jadi yang pertama nih Lu harus tahu dulu nih cara download laporan keuangan perusahaan kalau belum tahu ada baiknya lu nonton video gua yang ini dulu ya linknya akan gua taruh di kolom deskripsi Oke baik lagi kan ada dua segmen nih komentar dan food and investment mana yang berkontribusi lebih besar untuk perusahaan Unilever jawabannya adalah home and Personal care gua akan tunjukin ke lo gimana caranya baca data ini kali ini kita pakai laporan keuangan tahunan tahun 2020 ya.

2021 seperti yang kita tahu masih berjalan hingga saat ini jadi laporan belum keluar setelah lu download laporan keuangan yang lalu bukan kemudian elu search atau find dengan cara ketik control + F kalau di komputer kalau di HP ya main aja gitu cari kata kuncinya adalah segmen Terus lu klik Nek Nek Nek Nek Nek Nek terus aja sampai nemu yang ini informasi segmen bisnis perseroan dikelompokkan menjadi dua bidang produk utama sebagai berikut kebutuhan rumah tangga dan perawatan tubuh yang berkaitan dengan produk-produk pembersih yang digunakan dalam rumah tangga dan produk-produk kosmetik selanjutnya makanan dan minuman yang berkaitan dengan produk-produk dan minuman termasuk es krim terus kita ke bawahnya lagi akan ada hitung-hitungan nih gua akan bacain untuk lu cara bacanya tuh gini

Pt Unilever Indonesia blablablabla satuannya dalam jutaan rupiah penjualan Unilever pada tahun 2020 adalah sebesar 42,972 triliun. Kenapa triliun karena ini kan datanya dalam jutaan rupiah jadi jangan lupa 42 juta ini dikali 1 juta lagi Oke hasilnya 42,9 triliun artinya Apa artinya selama 1 tahun berjalan Unilever ini berhasil mencatatkan penjualan sebesar 42,9 triliun banyak banget ya terus dari home and Personal care berapa triliun dari food and Replacement Berapa triliun bisa kita lihat di sebelahnya itu dari kebutuhan rumah tangga di Unilever dapat pendapatan 29,9 triliun di tahun 2020, sedangkan dari makanan dan minuman itu hanya dalam tanda kutip dua belas.

Bilang kalau kita buat datanya dalam persentase Maka nanti akan jadi lebih enak dilihat home and Personal care menyumbang sekitar 70% dari total pendapatan Unilever sementara dari segmen makanan dan minuman itu berkontribusi sebesar 30% kita Simpan dulu ya datanya ya 70% home and Personal care 30% food and Replacement gue takut ada yang lupa cara hitung presentase jadi kita coba sedikit inget-inget dulu ya materi waktu kita SD misalnya gue punya uang Rp1.000.000 terus lu minta Rp200.000 untuk jajan berarti Rp200.000 itu adalah 20% dong Enak karena 200.000 dari satu juta yang gua punya adalah 20% dari uang gua betul ya Nah dalam kasus Unilever ini tadi kenapa komen personal care bisa 70%

Karena total pendapatan Unilever kan 42,9 triliun Ih si segmen ini berhasil dapat 29,9 triliun berarti 29,9 dari 42,9 artinya adalah 70% Oke sisanya gua harap lu bisa ngetik sendiri ya next kalau lu masih penasaran dengan produknya Unilever Ada apaan aja elu pilihannya ada dua nih lu bisa buka websitenya atau buka laporan keuangan tahunan ya kali ini gue buka websitenya Unilever di unilever.co.id terus pilih yang lain kami lalu keluarga itu logo produknya Unilever Ada apaan aja gua Yakin lu udah pernah denger nama brand Beni teks ganti Perusahaan kita coba cek perusahaan Mayora Indah Tbk alias Mayora kode saham

I'm your your langsung kita cekmen usahanya kayak tadi lalu ditemukan lah ini segmen operasi grup memiliki tiga segmen Yang dilaporkan meliputi makanan olahan dalam kemasan minuman olahan dalam kemasan dan usaha jasa keuangan makanan olahan minuman olahan oke lah ya yang aneh sih ada Jasa Keuangan Emangnya ada ya nanti kita coba cek Nah sekarang kita coba Scroll dikit ke bawah total pendapatan Mayora tahun 2020 adalah 24 koma 4 triliun yang terdiri dari 13,9 triliun adalah dari penjualan makanan olahan dalam kemasan dan 11/4 triliun dari segmen minuman olahan dalam pemasaran segmen yang ketiga alias lainnya adalah nol berarti ini ya yang si Jasa Keuangan itu belum ada nih

Masino alias kalau dalam persentase dari segmen makanan itu menyumbang 57% dari total pendapatan Mayora selama 1 tahun 2020, sedangkan minuman menyumbang 43% yang segmen ketiganya masih nol masih belum ada budaya dari antara makanan dan minuman itu hampir setara ya Lis produk makanan dan minuman yang diproduksi oleh Mayora bisa kita cek di websitenya atau di laporan keuangan tahunan nya si Mayora kali ini gua akan ambil dari laporan tahunan nya 2020 nih lu bisa lihat sendiri di halaman 90 ada Roma better choki-choki beng-beng Kopiko terus minumannya ada Torabika energy and girls beng-beng drink dan lain-lain Oke deh kalau gitu ya sekarang Perusahaan ultrajaya kita cari segmennya lagi dari laporan keuangannya lalu ketemu lah

Bagian yang ini informasi segmen segmen operasi perusahaan dan entitas anak dapat dibedakan menjadi dua kegiatan usaha utama yaitu minuman dan makanan total penjualan di tahun 2020 5,9 triliun sedikit lebih rendah dibanding tahun 2019 yaitu 6,2 triliun dengan penjualan dari minuman sebesar 6,3 triliun atau sebanyak 90% dari total pendapatan dan makanan itu 101 miliar atau sebesar 2% kalau minuman Ma udah ya ada susu Ultra Teh Kotak Ultra Sari kacang ijo dan lain-lain Nah kalau makanan Gua cukup bingung nih gua nggak tahu nih produknya apaan makanya kita coba cek ke laporan dia nah dijelaskan lagi halaman 29 bahwa produk makanan itu susu bubuk yang merek dagangnya adalah Morinaga dan ada creamer cap sapi yang

Jujur gua juga nggak pernah lihat ya, Tapi nggak papa ya nggak terlalu berpengaruh karena sumbangsih segmen makanan ini cuma numpang 2% dari total pendapatan ultrajaya. Selamat tahun 2020 next Alfamart perusahaan ini juga dimasukkan ke dalam sektor konsumen primer karena krisis atau pun gak krisis kita tetap kamar jadi dia memenuhi ya syarat antisiklon kita langsung check-in usahanya ternyata segmennya ini dia dibedakan berdasarkan lokasinya aja ada segmen Jabodetabek Jawa dan di luar Jawa yang datanya bisa nulis sendiri hampir sama kaya masing-masing segmen itu nyumbang sekitar 30% produknya apa banyak lu cek aja sendiri ke Alfamart ya Alfamart terdekat di rumah lu yang

Java katanya segmen usaha nya ada 7 banyak juga ya dari pakan ternak kambing dan ayam sampai perdagangan dan lain-lain. Coba kita cek berapa sih sumbangsih dari masing-masing segmennya datanya kalau misalnya gua rangkum dalam persentase adalah seperti ini ternyata paling banyak pemasukan yang dapat dari pakan ternak sebesar 39% dan peternakan komersial sekitar 29% 5 segmen lainnya ngecek sendiri sebagai kesimpulan ternyata ada banyak ya ragam kegiatan usaha di sektor konsumen primer bukan cuman jualan makanan dan minuman doang Mayora misalnya tapi ada juga nih perusahaan yang jualan utamanya di segmen personal care seperti Unilever ada juga yang fokusnya di produk olahan susu

Seperti ultrajaya ada juga yang jadi distributor barang-barang konsumsi, contohnya Alfamart dan yang terakhir yang gua contohin ada juga yang usahanya di bidang unggas seperti perusahaan Java meskipun Ada banyak ragam kegiatan usaha tapi sebenarnya sektor di konsumen primer ini intinya satu jualan barang atau jasa yang sifatnya anti tikus nggak bener ya sebenarnya walaupun tadi gua udah Sebutkan beberapa perusahaan dari beberapa sub indo stream berbeda masih ada 7 jenis industri lainnya di sektor konsumen primer, tapi Tante gua enggak jelasin semuanya di sini ya gua menyerahkan proses belajar itu ke elu semua supaya lu semua jadi lebih pintar dari hari kemarin. Oke tapi sebenarnya tujuannya apa sih belajar sektor-sektor ginian Emangnya penting ya kalo menurut gua penting banget Yang

Mama kepentingannya adalah misalnya dia sebagai contoh saat mandi ini atau krisis ekonomi itu semua saham yang bagus atau jelek terkoreksi alias jatuh cukup dalam belum Mungkin ingat waktu sekitar Maret 2020 itu perusahaan apa pun harganya terjun bebas Emang si pandemi kemarin memang bikin ekonomi runtuh tapi balik lagi nih seandainya lu udah tau disaat Maret 2020 itu saham-saham berjatuhan harganya tapi disatu sisi elu punya pengetahuan bahwa saham-saham di sektor konsumen primer ini adalah saham yang anti siklis kegiatan usahanya gue yakin lu akan PD banget untuk membeli saham Alfamart saat itu kenapa bisa pede banget ya karena mandi ini boleh aja diberlangsungkan tapi orang-orang akan tetap ke Alfamart untuk bertahan hidup jadi secara kegiatan bisnis sebenarnya tidak terjadi apa-apa sama saham Alfamart dia tetap berjalan seperti biasa atau mungkin orang lain lebih sering ke Alfamart yang dekat rumah karena dia nggak harus ke

Supermarket yang lebih besar lagi kita kan saat itu harga sama Pak Memang jatuh cukup dalam tapi kalau misalnya kita yakin untuk membeli saat itu ya saat kejadian itu harga saham Alfamart ini pun sudah 80% semenjak kejatuhannya di awal Mandi Mi Tadi elu udah ada potensi keuntungan 80% dalam jangka waktu 1 tahun sekian bulan doang kak kecil 80% doang mah bang ya kalau lu merasa 80% itu kecil Elu harus bandingin dengan deposito yang cuman 3,5% setahun bandingin juga sama Kak kenaikan ihsg selama 1 tahun yaitu adalah 12% per tahun 80% itu 6 sampai 7 kali lipat lebih tinggi daripada kenaikan ihsg alias seluruh sahamnya di Bursa selama 1 tahun

Mungkin lu juga akan PD untuk beli saham Java atau ultrajaya atau Mayora atau saham-saham di sektor konsumen primer lainnya yang menurutmu baik untuk dibeli saat kejatuhan ekonomi akibat covid Mungkin lo ada yang bilang ah mana ada gua PD banget tuh Bang beli Unilever Pas awal pantai ini nyatanya apa Unilever malah turun 20% dan semenjak awal pandemi kata lu bagus bagus dari mana ya nggak usah baper juga kali gua kan nggak pernah nyuruh lu beli apapun yang gua coba cari di sini di channel ini dari dulu adalah angka berpikirnya kalau lu mau berinvestasi di saham misalnya saat terjadi krisis ekonomi lu bisa tuh mulai skrining dari saham-saham di sektor konsumen primer ini peraturannya adalah selain membeli saham yang baik.
segini dulu informasi perusahaan yang gua bahas dalam artikel kali ini.
 
Last edited:
Top Bottom